Selasa, 15 Januari 2013

Merawat Anis Merah Trotolan

Bagaimanakah Perawatan AM Trotol yang benar?
Pada garis besarnya ada 2 cara perawatan (EF) ;

  1. EF minimalisPrinsipnya AM dirawat dengan minimal EF layaknya merawat AM dewasa pada umumnya. Kurang lebih contohnya ; Jangkrik maksimal 2 ekor, sesekali cacing/kroto, buah.Umumnya dengan pola rawat spt ini AM biasanya akan lebih telat bunyi dan teler tapi birahinya lebih gampang mapan jika sudah teller.Di camp Pandawa dominan menggunakan rawatan spt ini.
  2. EF maksimalPrinsipnya AM di gelontor berbagai EF.Misal jangkrik 10/10, cacing 3/3, kroto seminggu 2x, buah.Umumnya dengan pola rawat seperti ini AM akan lebih cepat bunyi, dan jika sudah bunyi sebaiknya mulai step down ke minimalis bertahap agar lebih memudahkan menyetting kemudian. Resikonya pada beberapa kasus AM birahinya jadi labil.

Apakah AM Trotol Perlu dimandikan, dan bagaimana caranya?
Jika kita memang sempat untuk memandikan sebaiknya AM Trotol sudah mulai diajarkan utk mandi di keramba. Tentu awal mula akan kesulitan memandikan di keramba karena mereka belum pernah mengenal keramba. Jadi step by step, dari masuk kerambanya di tangkap dulu beberapa kali sampai dia senang mandi di keramba, setelah terbiasa mandi dengan enak di keramba biasanya AM akan dengan senang hati pindah sendiri ke keramba.

Apakah AM Trotol Perlu di jemur?
Walau dengan durasi singkat 10-15 menit, AM Trotol sebaiknya dibiasakan di jemur agar kondisi lebih sehat.

Buah apa saja yang perlu diajarkan kepada AM Trotol?
Prinsipnya semua buah (yang pantas) boleh diberikan, yang paling utama ajarkan makan buah apel dan pepaya.

Perlukah AM Trotol “ditemani” oleh AM Trotol lain?
Kalau ditanya jujur, sangat perlu. Terutama bagi yang belum memiliki AM satupun di rumah. Agar AM-AM tersebut bisa saling menjaga birahinya dengan saling “bernyanyi”. Tapi jikalau dana terbatas, tidak masalah tanpa teman AM Trotol/AM lain, bisa menggunakan pancingan burung “bersiul” lainnya.

Burung apa saja yang baik buat “teman” AM Trotol?
Jika orientasinya agar memancing si AM Trotol ngeplong sebaiknya gunakan burung-burung yang mengeluarkan bunyi siulan, misal : Kacer, Decu, Pleci, dll.
Jika orientasinya buat master (yang nantinya dipakai buat lapangan) cari materi isian kasar dan rapat. Contoh isian kasar : Cucak Jenggot, Jalak Suren, Jangkrik, Belalang, dll. Sedangkan contoh isian rapat : Branjangan, Pleci, Blackthroat, dll.

Pada umur berapa AM Trotol bunyi ngeplong dan teler?
Sangat beragam dan tergantung AM dan perawatannya. Saya pernah mendapati AM Trotol ngeplong di usia 1 bulan dan teler sekitar 3 bulan. Tapi pernah juga mengalami AM baru mau ngeplong umur 1 tahun lebih. Jadi umur bukanlah jadi patokan, yang terpenting kita berupaya maksimal utk merawat dengan baik.

Sumber: Om Arda (Pakar AM)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar